-->

Cara Menciptakan Tiramisu Green Tea Cake

Cara Menciptakan Tiramisu Green Tea Cake
Cara Menciptakan Tiramisu Green Tea Cake
Resep Tiramisu Green Tea Cake Sederhana Spesial Asli Enak. Kue tiramisu teh hijau ini merupakan cake yang lembut dan empuk sehingga menjadi hidangan epilog makan malam pada pesta makan malam sangat cocok untuk dihidangkan. Tiramisu yang dipadu dengan green tea powder atau bubuk teh hijau matcha ini rasanya sangat mantap dan nikmat sekali alasannya yaitu kesegrannya.

Menurut situs Wikipedia. Tiramisù (Tiramesù) yaitu kuliner ringan elok keju khas Italia dengan taburan bubuk kakao di atasnya. Kue ini merupakan hidangan epilog yang dimakan dengan sendok, sehingga digolongkan ke dalam hidangan "al cucchiaio" ("dengan sendok").

 Resep Tiramisu Green Tea Cake Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT TIRAMISU GREEN TEA CAKE
Gambar Tiramisu Green Tea Cake

Kue atau cake ini tidak dibentuk dari gabungan dan tidak dipanggang kedalam panggangan yang ada hanya tiramisu kukus yang sedang ngehits dan musim di Bandung. Bahan dasarnya yaitu biskuit yang sudah direndam ke dalam larutan kopi dan keju mascarpone. Biskuit disusun dan dilapisi dengan krim kocok sebelum didinginkan di dalam lemari es agar bentuk kuliner ringan elok tidak hancur sewaktu dihidangkan.

Ciri khas kuliner ringan elok ini yaitu perpaduan tekstur kuliner ringan elok yang lembut dengan rasa kopi dan keju yang kuat. Biskuit yang disebut biskuit Savoiardi, telur ayam, gula, kopi, dan bubuk kakao yaitu materi utama bagi resep orisinil tiramisu. Menurut resep aslinya, kuliner ringan elok ini berbentuk bundar, dan tidak dicampur minuman beralkohol (rum, anggur Marsala, atau konyak) alasannya yaitu awalnya dibentuk untuk belum dewasa dan orang tua.

Sejarah asal-usul mula dan pencipta tiramisu cake sering menjadi materi perdebatan baik di dunia maya online maupun di dunia fana offline, tapi diperkirakan sebagai kuliner ringan elok inovasi baru. Tiramisu tidak disebut-sebut dalam literatur masakan sampai tahun 1983. Dalam buku La marca gastronomica terbitan tahun 1998, Fernando dan Tina Raris menulis bahwa tiramisu yaitu kuliner ringan elok inovasi baru. Walaupun demikian, keduanya menyebut bahwa resep tiramisu seolah-olah dengan resep kuliner ringan elok hidangan epilog yang dimuat di buku masak Yunani. Selain itu, Fernando dan Tina Raris mengutip artikel yang menyebut tiramisu diciptakan di kota Treviso pada tahun 1971.

Berbagai literatur kuliner, termasuk majalah masakan Vin Veneto terbitan tahun 1981, Giuseppe Maffioli dan Annibale Toffolo menyebut mahir kuliner ringan elok Roberto Linguanotto (Loly Linguanotto) dari rumah makan "Le Beccherie" di Treviso sebagai pencipta tiramisu. Kisah lain menyampaikan kuliner ringan elok ini berasal dari kota Siena. Sejumlah mahir kuliner ringan elok menyampaikan tiramisu dibentuk sebagai penghormatan bagi Cosimo III yang tiba mengunjungi kota Siena. Berikut resepi tiramisu teh hijau/ijo (green tea tiramisu cake) lengkap dengan cara bikin sendiri gampang dan simpel di rumah ala rumahan (Homemade).

RESEP TIRAMISU GREEN TEA BOGASARI


BAHAN - BAHAN :

BAHAN SPONG GREEN TEA :

BAHAN A :
  • 100 gram terigu Segitiga Biru
  • 25 gram green tea powder
BAHAN B :
  • 320 gram telur
  • 150 gram gula Kastor
  • 1 gram garam
  • 8 gram emulsifier
BAHAN C :
  • 30 gram palmia margarin cair
BAHAN CREAM TIRAMISU :
  • 80 gram Gula Kastor
  • 30 gram air
  • 120 gram kuning telur
  • 100 gram gula halus
  • 10 gram gelatine leaves
  • 250 gram mascarpone
  • 500 gram whipping cream
  • 10 gram green tea sirup
BAHAN GREEN TEA SIRUP :
  • 125 gram air
  • 60 gram gula kastor
  • 10 gram green tea bubuk
CARA MEMBUAT TIRAMISU GREEN TEA :

Cara Membuat 1 :
  1. Kocok materi (A) dengan kecepatan tinggi sampai mengembang.
  2. Ayak materi (B), kemudian masukan kedalam gabungan di atas secara sedikit demi sedikit dengan spatula sampai tercampur rata.
  3. Masukkan materi © secara bartahap sampai tercampur rata.
  4. Tuangkan kedalam loyang yang telah dialasi kertas.
Cara Membuat 2 :
  1. Panaskan gula dan air sampai mendekati warna karamel (120?C) kemudian masukan gelatin (yang sudah direndamin air es) & kocok kuning telur sampai mengental, kemudian tuangkan larutan di atas ke dalam gabungan kuning telur sambil diaduk dengan kecepatan tinggi sampai gabungan hangat.
  2. Masukkan mascarpone dan aduk sampai tercampur rata dengan kecepatan randah.
  3. Masukkan whipping cream dan aduk sampai rata dengan memakai spatula kemudian tambahkan green syrup.
  4. Siap digunakan.
Cara Membuat 3 :
  1. Aduk gula dan air sampai larut, kemudian masukkan green tea dan aduk sampai rata
CARA PENYAJIAN TIRAMISU GREEN TEA :
  1. Siapkan ring ukuran 16 x 16 cm, kemudian letakan sponge green tea di bab bawah dan basahi dengan green tea syrup.
  2. Tutup permukaannya dengan cream tiramitsu kemudian letakan spong green tea atasnya dan basahi kembali dengan greean tea syrup.
  3. Tutup kembali dengan cream tiramitsu sampai tertutup rata kemudian simpan didalam freezer sampai mengeras.
  4. Lepaskan dan ring, potong kotak ukuran 4 x 4 cm, hias bab atasnya dengan cream tiramitsu, green tea bubuk.
  5. Sajikan.
Advertisement