-->

Cara Menciptakan Tamagoyaki, Telur Dadar Gulung Khas Jepang

Cara Menciptakan Tamagoyaki, Telur Dadar Gulung Khas Jepang
Cara Menciptakan Tamagoyaki, Telur Dadar Gulung Khas Jepang
Cara Membuat Tamagoyaki, Telur Dadar Gulung Khas Jepang - Suka olahan telur yang gampang dan simpel dibentuk di rumah? Jika iya, simak baik-baik cara menciptakan tamagoyaki ini. Dijamin hasilnya niscaya enak, yummy dan keluarga di rumah niscaya suka. 

Untuk sebagaian orang, sajian Tamagoyaki ini mungkin masih asing di dengar dan masih awam akan rasanya ya. Padahal Tamagoyaki dibentuk dari olahan telur ayam dadar yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Makara dapat dibilang Tamagoyaki merupakan salah satu kuliner khas Jepang yang terkenal dengan nama Japanese Omelette. Makanan ini dibentuk dari telur yang di kocok dan dibumbui yang kemudian didadar dan digulung hingga berlapis-lapis.

Sebenarnya Resep Tamagoyaki Jepang tak beda dari olahan Resep Omelet Telur Sederhana Ala Hotel. Yaitu sama-sama dibentuk dengan digulung layaknya telur dadar gulung pada umumnya. Hanya saja bumbu yang digunakan berebeda dari kebiasaan bumbu ala Indonesia. Untuk Tamagoyaki Jepang Asli bumbu yang digunakan ialah garam, gula, rice vinegar, soy souce, kaldu katsuobushi dan sake.

Aneka materi tersebut tentu saja tidak semua dapat dikonsumsi oleh orang Indonesia yang dominan ber-Agama Islam. Dengan ini untuk bumbu Tamagoyaki Khas Jepang Ala Indonesia dapat diubahsuaikan dengan selera orang di rumah. Hasil selesai dari penumpukan gabungan telur pada Tamagoyaki memang cukup tebal. Bahkan jikalau dilihat-lihat menyerupai sajian Resep Membuat Telur Dadar Padang Enak Gurih yang beberapa waktu kemudian kita bagikan.

Irisan Tamagoyaki alias telur dadar gulung khas Jepang ini menciptakan tampilannya sangat anggun dan unik. Maka tak asing lagi bila dadaran Tamagoyaki sering digunakan untuk sajian bento (kotak bekal makan ala Jepang). Aslinya Tamagoyaki ini dibentuk memakai wajan atau teflon anti lengket yang mempunyai bentuk persegi panjang (Makiyakinabe). Karena wajannya yang panjang dan lebar sehingga memudahkan dikala proses menggulung dadaran telur berbumbu tersebut.

Tapi alasannya kebanyakan teflon made in Indonesia mempunyai bentuk bulat, jadi pakai penggorengan bentuk bundar pun tak masalah. Bentuknya tetap bagus dan rapi, asalkan bab ujung Tamagoyaki nya dipotong terlebih dahulu. Oh iya hingga lupa, untuk isian telur dadar Jepang ini dapat memakai sayuran dan bahan-bahan lain sesuai selera ya. Misal menyerupai sayuran wortel, daun bawang, cuilan sosis, bakso, kornet, cincangan daging ayam, sapi, bayam dan lain sebagainya.

Tapi polosan tanpa sayuran dan materi lainnya juga hasilnya sudah sepakat loh. Makara kaya Tamagoyaki ala ala Jepang yang memang aslinya tidak ditambahkan bahan-bahan apapun. But tak ada salahnya berkreasi kan ya, semakin banyak sayuran hasilnya pun akan enak dan sehat. Berikut kami bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Tamagoyaki menyerupai dibawah ini. Cekidot!

Resep dan Cara Membuat Tamagoyaki

 Suka olahan telur yang gampang dan simpel dibentuk di rumah Cara Membuat Tamagoyaki, Telur Dadar Gulung Khas Jepang

Bahan-bahan Telur Dadar Gulung :

  • Telur 3 butir ukuran sedang
  • Daun bawang 1 batang (iris tipis)
  • Wortel kecil 1/2 buah (potong dadu kecil)
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Merica abu 1/8 sendok teh
  • Ayam goreng suwir 2 sendok makan
  • Minyak sedikit untuk mengoles teflon

 Suka olahan telur yang gampang dan simpel dibentuk di rumah Cara Membuat Tamagoyaki, Telur Dadar Gulung Khas Jepang

Cara Membuat Telur Dadar Tamagoyaki :

  1. Pertama-tama kocok telur, kemudian masukkan semua bahan, kocok kembali hingga semua materi rata. 
  2. Selanjutnya panaskan teflon, olesi dengan sedikit minyak goreng, kemudian tuang 1/3 bab telur, ratakan permukaan teflon. Lalu masak hingga telur sedikit mengering, gulung gabungan dengan sumpit atau spatula atau sutil kayu, singkirkan ke tepi teflon.
  3. Setelah itu tuang lagi 1/3 bab telur, masak kemudian gulung lagi dimulai dari gulungan yang pertama tadi. 
  4. Terus ulangi proses pembuatannya hingga semua gabungan habis.
  5. Angkat, biarkan sedikit masbodoh kemudian potong-potong menyerupai sushi atau sesuai selera.

Variasi lain Resep dan Cara Membuat Tamagoyaki ialah memakai susu cair kedalam gabungan telur kocok. Nanti hasil jadinya jadi ada rasa gurih manis omelete gitu ya. Oke selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Tamagoyaki, Telur Dadar Gulung Khas Jepang, semoga bermanfaat.
Advertisement