-->

Resep Tteokbokki, Masakan Ringan Elok Beras Korea Pedas

Resep Tteokbokki, Masakan Ringan Elok Beras Korea Pedas
Resep Tteokbokki, Masakan Ringan Elok Beras Korea Pedas
Resep Tteokbokki, Kue Beras Korea Pedas - Ngomongin camilan, siapa sih yang ngga suka dengan kuliner ringan yang satu ini? Bernama Tteokbokki, yang merupakan panganan korean spicy rice cakes yang kini mulai digandrungi banyak orang khususnya di Indonesia. Munculnya k-pop dan drama korea menyebabkan Tteokbokki Korea semakin terkenal di Indonesia. Padahal untuk rasa Tteokbokki ini tak kalah enak dengan Resep Membuat Olos Khas Tegal yang merupakan kuliner ringan tradisonal Khas Tegal.

Korea memang mempunyai masakan yang unik, dengan ini tak asing lagi bila kini banyak restauran yang menyajikan hidangan masakan Korea. Seperti Bibimbap, Mie Ramen, Shusi dan kimchi yang merupakan panganan hasil fermentasi sayuran. Sayuran yang dipakai untuk menciptakan kimchi ialah lobak, sawi, wortel, timun dan lain sebagainya. Kimchi biasanya disajikan begitu saja, namun kini kimchi sering dikreasikan didalam masakan ala korea menyerupai nasi goreng kimchi dan mie ramen kimchi.

Lanjut ke Tteokbokki, kata Tteokbokki ini berasal dari kata Tteok yang mempunyai arti rice caka korea atau kudapan cantik beras yang dimasak dengan memakai bumbu gochujang. Bumbu Gochujang ini merupakan pasta sambal khas korea yang sering dipakai untuk menciptakan masakan ala korea. Anda sanggup mencari gochujang orisinil korea di supermarket atau swalayan terdekat. Namun sayangnya saus gochujang ini banyak yang tidak mempunyai label halal, maka hati-hati saat mencarinya.

Kaprikornus supaya lebih kondusif untuk menciptakan Tteokbokki halal, dalam Resep Tteokbokki ini kita meracik bumbu gochujang sendiri yang terbuat dari aneka bumbu dapur. Resep Gochujang Rumahan cukup sederhana, kita hanya memerlurkan bahan-bahan yang sama saat akan menciptakan saus pedas asam manis. Seperti cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, kecap manis, saus cabe, garam, gula serta air putih. Cukup sederhana, namun saus gochujang homemade ini tak kalah enaknya dengan saus gochujang korea original.

Tteok yang merupakan kudapan cantik beras korea selain dimasak dengan bumbu saus pedas, tteok ini juga enak bila dikreasikan dimakanan atau kuliner ringan lainnya. Seperti es serut kacang merah korea yang disebut dengan Patbingsu. Kue beras korea ini merupakan salah satu materi utama untuk menciptakan Patbingsu korea orisinil yang enak dan segar. Patbingsu dengan bentuk isian yang diberi buah-buahan segar cocok untuk dijadikan salah satu hidangan takjil saat bulan pahala tiba.

Jika dilihat sekilas tteok alias kudapan cantik beras Korea ini hampir sama dengan olahan dimsum siomay dan cilok tanpa gabungan ikan tengiri dan daging. Teksturnya empuk dan kenyal, cocok untuk anda yang suka kuliner ringan enak dan pedas. Nah, bagi anda yang ingin tau akan Tteokbokki berikut akan kami ulas Bahan-bahan dan Cara Membuat Tteokbokki Korea Homemade yang simpel dan simpel untuk dipratekkan dirumah. 

Resep Tteokbokki dan Cara Membuatnya

 siapa sih yang ngga suka dengan kuliner ringan yang satu ini Resep Tteokbokki, Kue Beras Korea Pedas

Bahan-bahan Tteok (rice caka korea atau kudapan cantik beras) :

  • Tepung beras 7 sendok makan
  • Tepung tapioka 2 sendok makan
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Air panas 1/4 cup

Bahan Saus Gochujang :

  • Cabai merah keriting 10 buah (cabe setan, super pedes)
  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Kecap cantik 1 sendok makan
  • Saus cabai botolan 2 sendok makan
  • Garam sejumput atau secukupnya
  • Gula sejumput atau secukupnya
  • Air putih 1/2 cup

Bahan Pelengkap Sebagai Taburan/Toping :

  • Wijen putih (sangrai) secukupnya
  • Daun bawang 1 lembar (iris halus)

Cara Membuat Tteok (Kue Beras) :

  1. Langkah awal campur tepung beras dengan tepung tapioka dan garam menjadi satu. Masukkan bertahap air panas sambil diuleni sampai kalis. 
  2. Setelah itu bentuk adonan lonjong atau memanjang kecil-kecil, kemudian rebus dalam air yang sudah mendidih sampai terapung. Angkat, kemudian tiriskan.

Cara Membuat Gochujang Tteokbokki :

  1. Pertama-tama haluskan bawang merah, bawang putih dan cabai, kemudian tumis dengan memakai margarin. Tumis sampai tercium aroma sedap kemudian beri garam dan gula.
  2. Selanjutnya masukkan kecap, saus serta air putih kemudian tumis sampai air menyusut.
  3. Masukkan tteok yang sudah dibentuk tadi kedalam saus. Tumis sebentar sampai bumbu merata, angkat.
  4. Siapkan piring saji, tteokbokki siap untuk disajikan selagi hangat lengkap dengan wijen sangrai dan irisan daun bawang.

Untuk hasil Tteokbokki komplit ala restauran anda sanggup menambahkan bahan-bahan lainnya yang sanggup menunjang rasa sang Tteokbokki. Misalnya menyerupai bawang bombay, jamur shitake kering, wortel, cabai hijau, telur, keju dan lain sebagainya. Walaupun ini merupakan Resep Tteokbokki sederhana dengan memakai bumbu yang sesuai dengan pengecap orang Indonesia. Namun untuk rasanya super endesss loh, enak dan tentu saja super pedas.

Nah, bagi anda yang ngerasa Tteokbokki ini kurang pedas, silahkan tambahkan cabai merah, rawit atau hijau sesuai selera. Terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com, buka juga resep enak lainnya dari kami menyerupai Resep Membuat Abon Cabai Udang Pedas yang layak untuk dicoba. Sampai bertemu diresep terbaru berikutnya, semoga Resep Tteokbokki, Kue Beras Korea Pedas bermanfaat.
Advertisement