-->

Cara Menciptakan Camilan Anggun Putu Mayang

Cara Menciptakan Camilan Anggun Putu Mayang
Cara Menciptakan Camilan Anggun Putu Mayang
Resep Putu Virgo Tepung Beras Warna Warni Sederhana Spesial Asli Enak. Ini camilan manis putu mayang tepung beras dan tepung kanji dengan aroma daun pandan suji pandan hijau yang harum mewangi serta saus santan gula merah yang aduhai. Bunda juga sanggup menambahkan durian ke dalam kuah saus putu mayang kelapa untuk menambah kelezatan camilan manis berair tradisional ini bila Anda suka. Putu mayang selain sudah menjadi masakan jajanan pasar juga sering dijajakan pada bulan rahmat ramadhan sebagai santapan berbuka puasa atau hidangan takjil di Indonesia.

Menurut situs Wikipedia. Putu mayang ialah camilan manis tradisional yang dibentuk dari tepung beras atau campur dengan tepung kanji yang berbentuk mirip mi atau mie yang kenyal namun teksturnya lembut dan empuk, dengan adonan santan kelapa, dan disajikan dengan kinca sejenis kuah gula merah yang rasanya manis atau gula jawa cair atau saus durian/duren.

 Resep Putu Virgo Tepung Beras Warna Warni Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KUE PUTU MAYANG
Gambar Putu Virgo Warna Warni

Di Indonesia camilan manis putu mayang kelapa gula merah ini merupakan bab dari seni masakan Betawi. Akan tetapi, asal mula camilan manis ini mungkin terkait dengan camilan manis putu mayam yang berasal dari India Selatan. Kedua-duanya mempunyai bentuk adonan tepung kanji atau tepung beras yang dicetak mirip gumpalan mi atau mie ada juga yang mencampurkan gula merah ke dalam adonan sehingga menjadi resep putu mayang gula merah yang berwarna coklat alami, putu pandan warna hijau, dan mungkin materi jelly nutrijell sanggup dicampurkan ke dalam adonan itu semua aneka kreasi olahan dan variasi dari kreatifitas Anda. Namun putu mayang Indonesia sedikit berbeda dibandingkan putu mayam India yang juga sanggup ditemukan di Sri Lanka, Malaysia, dan Singapura. Gumpalan putu mayang Indonesia lebih menyatu dan tebal dengan ukuran gumpalan yang kecil, sementara putu mayam India mempunyai helai mirip mi yang lebih halus dan ukuran yang lebih lebar.

 Resep Putu Virgo Tepung Beras Warna Warni Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KUE PUTU MAYANG
Gambar Putu Mayam India

Memakan camilan manis ini sanggup dilakukan dengan menyiram gula merah dan santan, atau memberi pemanis sedikit taburan kelapa pada gula putu mayang tersebut. Sehingga rasa camilan manis putu mayang ini gurih, manis, dan lezat. Pokoknya mantap.

Resep camilan manis putu mayang juga sanggup terbuat dari bihun jagung untuk materi resep camilan manis putu mayang bihun jagung, bihun soun, atau bahkan juga sanggup pakai mie kuning. Pewarna masakan pelangi (rainbow) sanggup dipakai pada resep ini untuk menciptakan camilan manis ini lebih cantik, unik dan menarik dan sanggup juga diberi taburan kelapa parut diatasnya. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih putu mayang sajian sedap istimewa NCC lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri atau untuk jualan perjuangan toko camilan manis aneka jajanan pasar camilan manis berair tradisional.





RESEP KUE PUTU MAYANG


BAHAN :
  • 200 gram tepung beras
  • 2 sdm tepung kanji
  • 250 ml air
  • 100 ml air daun pandan suji
BAHAN SAUS SANTAN :
  • 750 ml santan sedang
  • 200 gram gula merah, sisir halus
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 lembar daun pandan, potong-potong

Baca Juga : Putu Belanda
Baca Juga : Putu Ayu
Baca Juga : Putu Bambu

CARA MEMBUAT PUTU MAYANG :
  1. Campur kedua tepung jadi satu. Perciki dengan sedikit air sampai tepung jadi lembap.
  2. Alasi kukusan dengan daun pisang. Kukus tepung sampai panas. Angkat.
  3. Didihkan sisa air dan air daun pandan suji.
  4. Masukkan tepung panas, aduk-aduk sampai licin dan kental. Angkat.
  5. Bagi menjadi 3 bagian. Satu bab dengan pewarna merah, satu bab dengan warna hijau. Biarkan sisanya berwarna putih. Tuang ke dalam cetakan camilan manis putu. Tekan sampai bergelombang. Taruh di atas daun pisang. Kerjakan sampai materi habis.
  6. Cara Membuat Saus Santan kinca : Rebus semua materi sampai mendidih dan gula larut. Angkat dan saring.
  7. Sajikan putu mayang dengan Saus Santan atau saus kinca gula merah untuk 6 porsi.
Advertisement