-->

Cara Menciptakan Camilan Elok Sengkulun Khas Jawa Tengah

Cara Menciptakan Camilan Elok Sengkulun Khas Jawa Tengah
Cara Menciptakan Camilan Elok Sengkulun Khas Jawa Tengah
Resep Kue Sengkulun Sederhana Spesial Asli Enak Khas Jawa Tengah. Kue sengkulun yakni masakan tradisional yang campuran dasarnya terbuat dari tepung beras ketan putih pada umumnya dan dapat juga pakai tepung beras ketan hitam bahkan camilan elok sengkulun dapat terbuat dari singkong. Teksturnya lembut dan empuk banget ibarat awug beras. Aneka kreasi dan variasi olahan camilan elok sengkulun, diantaranya ada camilan elok sengkulun ketan, camilan elok sengkulun singkong, camilan elok sengkulun Purworejo, camilan elok sengkulun Betawi, camilan elok sengkulun Bangka, camilan elok sengkulun gula merah, camilan elok sengkulun Jawa, camilan elok sengkulun Wonosobo, camilan elok sengkulun kebumen, camilan elok sengkulun Jawa Timur, dll.

 Resep Kue Sengkulun Sederhana Spesial Asli Enak Khas Jawa Tengah CARA MEMBUAT KUE SENGKULUN KHAS JAWA TENGAH
Gambar Kue Sengkulun Khas Jawa Tengah

Defenisi berdasarkan situs Wikipedia apa itu camilan elok sengkulun. Kue sengkulun atau sering juga disebut Sengkolon (Jepara), Kue Jando Berias (Palembang), atau Sangkolun (Bangka) yakni camilan elok ibarat camilan elok keranjang dengan permukaan berbintil kasar, tekstur lunak, kenyal, dan lembut. Kue ini dibentuk dengan materi baku utama tepung ketan. Penggunaan gula merah membuatnya berwarna coklat, walaupun ada juga variasi pewarna lain di banyak sekali daerah. Santan kental menambahkan rasa gurih. Sedangkan sejarah asal seruan mulanya camilan elok sengkulung ini belum begitu terang siapa yang pertama membuatnya dan tempat mana yang duluan menciptakan camilan elok ini tapi masing-masing tempat memilik rasa dan tampilan yang khas dengan camilan elok uni dan menarik ini.

Kue ini diakui di banyak sekali daerah, contohnya Betawi, Jepara, Demak, dengan imbas budaya Cina. Namun tempat lainnya juga mempunyai resep sengkulun dengan banyak sekali variasi bahan. Kue ini dibentuk dengan cara dikukus dalam waktu sekitar 2 jam, dan dimakan dengan kelapa parut atau siap untuk dijual.

Kue sengkulun berasal dari Jawa Tengah tepatnya dari Purworejo berwarna merah putih, namun ada pula camilan elok sengkulun Betawi dan camilan elok sengkulun Bangka. Berikut kumpulan belakang layar aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih sengkulun Purworejo khas jawa tengah sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan simpel untuk konsumsi sendiri atau untuk jualan perjuangan bisnis jajanan aneka camilan elok berair tradisional.





RESEP KUE SENGKULUN KHAS JAWA TENGAH


BAHAN :
  • 125 gram tepung beras ketan putih dapat juga pakai beras ketan hitam
  • 150 gram gula pasir
  • 200 gram kelapa parut
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • Secukupnya Minyak goreng untuk mengoles cetakan
CARA MEMBUAT KUE SENGKULUN :
  1. Sementara Bunda menciptakan campuran camilan elok sengkulun, didihkan air pada langseng/kukusan. Campur semua materi kecuali minyak ngoreng. Aduk hingga tercampur rata, kemudian bagi dua. Sebagian beri warna merah.
  2. Olesi cetakan camilan elok sengkulun dengan sedikit minyak goreng, kemudian masukkan campuran warna putih, tekan-tekan. Lakukan hingga campuran putih habis.
  3. Hitung berapa jumlah campuran putih pada cetakan, kemudian bagi campuran merah sebanyak cetakan campuran putih. Letakkan campuran merah di atas campuran putih dan tekan-tekan. Kukus selama 40 menit.
  4. Setelah matang keluarkan dari kukusan dan biarkan dingin. Setelah dingin.
  5. Sajikan.
Advertisement