-->

Cara Menciptakan Masakan Ringan Bagus Jongkong Khas Bangka Belitung

Cara Menciptakan Masakan Ringan Bagus Jongkong Khas Bangka Belitung
Cara Menciptakan Masakan Ringan Bagus Jongkong Khas Bangka Belitung
Resep Kue Jongkong Khas Bangka Belitung (BABEL) Sederhana Spesial Asli Enak. Kue jongkong kelapa muda khas Bangka Belitung dan khas Palembang memang enak dengan tekstur yang lembut dan empuk tersedia banyak varian salah satunya warna hijau pandan daun suji dan ada ada juga kuliner ringan elok jongkong hitam dari beras ketan hitam dengan rasanya yang elok legit gurih sangat cocok dinikmati pada sore hari bersama keluarga tercinta. Kue jongkong khas bangka Trend 2018 hijau diatas. Kue jongkong ? tidak selalu harus hijau dibawah, ujar Jennie @jenniefoe pada akun instagramnya. Memang biasanya kuliner ringan elok jongkong itu warna putihnya diatas dan warna hijau dibawah. Namanya juga kreasi kuliner sesuai kreasi Anda sendiri alasannya yaitu memasak tidak ada pakemnya. Masaklah sesuai kreatifitas Anda.

 Resep Kue Jongkong Khas Bangka Belitung  CARA MEMBUAT KUE JONGKONG KHAS BANGKA BELITUNG
Gambar Kue Jongkong Khas Bangka Belitung

Menurut situs Wikipedia. Kue jongkong yaitu salah satu jajanan khas Bangka Belitung. Jongkong mempunyai rasa yang elok dan tekstur yang lembut. Jajanan ini sering dijual di pasar tradisional. Kue jongkong populer di aneka macam wilayah di Indonesia, terutama di Sumatra dan Melayu. Kue jongkong ini terbuat dari materi dasar dari adonan tepung beras dan tepung tapioka, dan mempunyai tiga warna, yaitu putih pada bab atas, hijau pada bab tengah, dan coklat pada bab bawah. Jongkong juga mempunyai perpaduan rasa aneka macam materi menyerupai kelapa muda, garam dan gula merah. Kue jongkong ini mempunyai banyak variasi seperti, kuliner ringan elok jongkong kelapa muda, kuliner ringan elok jongkong kopyor, bubur sum-sum putih dan bubur sumsum hijau/ijo pandan suji, kue jongkong lapis Surabaya, dan jongkong ketan hitam.

Kue jongkong terbuat dari tepung beras dan masih termasuk aneka kreasi olahan kuliner ringan elok berair tradisional. Kue jongkong banyak macam-macam jenisnya ada kuliner ringan elok jongkong Betawi, kuliner ringan elok jongkong Surabaya, dll. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih jongkong sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah anti gagal dengan step by step baik untuk konsumsi sendiri ataupun untuk perjuangan jajanan aneka kuliner ringan elok jajanan pasar sangat cocok untuk sajian buka puasa ramadhan sebagai takjil.





RESEP KUE JONGKONG


BAHAN :
  • 200 gram gula merah, sisir halus
BAHAN ADONAN DAUN SUJI :
  • 450 ml santan, dari 1/2 butir kelapa parut
  • 50 ml air daun suji
  • 50 gram tepung beras
  • 1 sdt tepung sagu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
BAHAN ADONAN SANTAN POLOS :
  • 500 ml santan, dari 1/2 butir kelapa parut
  • 50 gram tepung beras
  • 1 sdm tepung sagu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
CARA MEMBUAT KUE JONGKONG :
  1. Siapkan 10 buah mangkuk tahan panas @ volume 150 ml.
  2. Cara Membuat Adonan Suji : Campur semua materi di panci sampai rata. Masak di atas api kecil sekali sambil diaduk sampai mengental, angkat. Sisihkan.
  3. Cara Membuat Adonan Putih : Masukkan semua materi ke dalam panci, campur sampai rata. Masak di atas api kecil sekali sambil diaduk sampai mengental, angkat. Sisihkan.
  4. Taruh 1 sdm gula merah ke tiap mangkuk. Sendokkan adonan suji sampai setengah penuh, ratakan.
  5. Sendokkan adonan santan polos di atas adonan suji sampai penuh, ratakan. Ulangi langkah melapis ini sampai dua adonan habis.
  6. Kukus di dalam dandang panas sampai gula meleleh dan adonan padat (± 2 menit). Angkat.
  7. Sajikan untuk 10 buah (@ 150 ml)
Advertisement