-->

Cara Menciptakan Nasi Goreng Daun Mengkudu

Cara Menciptakan Nasi Goreng Daun Mengkudu
Cara Menciptakan Nasi Goreng Daun Mengkudu
Kuliner Resep Nasi Goreng Daun Mengkudu Sederhana Spesial Asli Enak. Sepintas tampilan sajian nasi goreng mengkudu ini menyerupai banget dengan nasi goreng kampung biasa hampir tidak ada bedanya. Bumbunya pun hampir sama, hanya cabe hijau, bawang merah dan garam yang digiling atau diulek halus kemudian tumis dengan minyak goreng dan nasi putih. Namun yang membedakannya, nasi goreng itu diberi irisan daun mengkudu, bukan buah mengkudu ya tapi daunnya. Warna nasinya jadi berwarna agak hijau- kehijauan, sebab bumbu dasar cabe hijau dan irisan daun mengkudu yang berwarna hijau tersebut. Nasi digoreng hingga kering tanpa ada minyaknya. Karena pada dikala menumis bumbu, minyak goreng ditiriskan dahulu. Baru kemudian nasi dan daun mengkudunya dimasukkan.

 Resep Nasi Goreng Daun Mengkudu Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT NASI GORENG DAUN MENGKUDU
Gambar Nasi Goreng Daun Mengkudu

Sejarah asal undangan mulanya nasi goreng ini belum diketahui secara niscaya bagaimana riwayat moyang orang Betawi, Jakarta hingga memakai daun mengkudu sebagai bumbu nasi goreng, namun di kemudian hari terbukti bahwa pilihan itu amat sempurna sebab daun mengkudu berguna dan bermanfaat untuk kesehatan. Nasi goreng ini disajikan bersama emping dan acar mentimun. Selain itu, terdapat telur dadar daun nangka. Sekilas penampakannya tidak beda jauh dengan telur dadar biasa. Tidak diketahui juga mengapa orang zaman dulu memakai daun nangka tersebut.

Namun yang niscaya aroma dan rasa terasa agak berbeda. Dengan daun nangka, basi busuk yang biasanya tercium pada telur menjadi hilang. Jika digoreng, aromanya menjadi semakin gurih. Daun nangkanya dipilih yang masih muda dan ditumbuk, kemudian dicampurkan ke dalam campuran telur yang mau dibentuk telur dadar.

Nasi goreng mengkudu paling cocok disajikan dengan krewedan. Krewedan yakni istilah bagi masyarakat Betawi pinggiran untuk menyebut daging tetelan. Diambil dari potongan daging yang dikeluarkan ketika orang Betawi menciptakan semur daging. Sebagaimana diketahui, untuk menciptakan semur daging biasanya memakai daging kerbau atau sapi yang telah dibersihkan dari lemak, urat atau tulang. Nah, pecahan yang dikeluarkan dari daging murni itulah yang disebut dengan krewedan.

Isinya tentu saja tidak melulu lemak, urat atau tulang. Karena pada dikala membuang bagian-bagian itu ada daging yang ikut menempel. Di Dapur Mak Haji materi untuk menciptakan krewedan itu sudah diadaptasi dengan selera banyak orang. "Bahan yang kami gunakan sepenuhnya daging murni. Bisa sapi atau kambing. Tergantung selera dan dan pilihan pengunjung.

Cara membuatnya cukup mudah, potongan daging murni tersebut setalah direbus hingga empuk, kemudian ditumis dengan bumbu menyerupai cabe rawit, bawang merah, garam dan bumbu lainnya. Rasanya antara pedas, sedikit rasa asam dan gurih. Berikut kumpulan belakang layar aneka kreasi dan variasi olahan resepi nasi goreng daun mengkudu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka nasi goreng unik dan menarik ala restoran cafe resto siap saji.

RESEP NASI GORENG MENGKUDU


BAHAN :

BAHAN NASI GORENG :
  • 800 gram nasi putih
  • 10 lembar daun mengkudu muda, iris tipis
  • Minyak, untuk menumis
BUMBU NASI GORENG, HALUSKAN :
  • 4 lembar pucuk daun mengkudu muda, rebus
  • 7 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe, kupas
  • 4 cm kunyit, kupas
  • 1 1/2 cm jari kencur, kupas
  • 1 buah lempuyang
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt terasi, dibakar
BAHAN DADAR TELUR DAUN NANGKA, ADUK :
  • 3 butir telur ayam
  • 3 lembar daun nangka muda, rebus, haluskan
  • 1 sdm bawang putih goreng, haluskan
  • 1 sdm bawang merah goreng, haluskan
BAHAN PELENGKAP :
  • Ikan asin gabus goreng
CARA MEMASAK NASI GORENG MENGKUDU :
  1. Cara Membuat Telur Dadar Daun Nangka : Panaskan 1/2 sdm minyak sayur, tuang 1 sendok sayur adonan. Masak menjadi dadar gulung. Ulangi hingga habis. Sisihkan.
  2. Cara Membuat Nasi Goreng Mengkudu : Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan nasi, daun mengkudu, aduk rata. Angkat.
  3. Sajikan untuk 6 porsi disertai pelengkapnya.
Advertisement